03 April 2013

Rekening PayPal Dibatasi

Belakangan saya punya masalah yang cukup menjengkelkan, rekening PayPal saya dibatasi. Apa maksudnya? Rekening PayPal yang dibatasi berarti tidak bisa melakukan hal-hal berikut: mengirim uang, menarik uang dari rekening, menutup rekening, menghapus kartu, menghapus rekening bank, dan mengirim pengembalian dana. Hal ini lumayan bikin frustasi, karena saya baru mengetahuinya saat hendak melakukan penarikan.

Berikut tampilan akun yang dibatasi ketika dibuka:



Bingung juga bagaimana mengatasi masalah seperti ini. Seumur-umur pakai PayPal, saya belum pernah kena "semprit" seperti ini. Ketika ditanyakan ke pihak PayPal, rupanya mereka menganggap ada salah satu transaksi mencurigakan (suspicious transaction) yang masuk ke rekening saya. Untuk menghilangkan batasnya, Paypal mensyaratkan agar saya melakukan beberapa hal:
  1. Mengirim dokumen bukti alamat. Nama dan alamat yang tertera dalam dokumen tersebut harus sama seperti data di PayPal. Selain itu, usia dokumen tidak boleh lebih dari 6 bulan.
  2. Memberi keterangan tentang transaksi yang dianggap mencurigakan tersebut: barang apa yang dijual termasuk harganya; keterangan mengenai hubungan bisnis dengan si pengirim; dan informasi pendukung lain, misalnya dokumentasi transaksi dengan si pengirim.
Dengan modal nekad (atau males?) saya pikir bukti alamat cukup diselesaikan dengan mengirim salinan paspor. Ternyata tidak, PayPal cukup ketat dengan aturan-aturan mereka. Ketika yang diminta adalah dokumen yang berusia kurang dari 6 bulan, maka aturan ini mutlak harus diikuti. Jika Anda mengalami masalah yang sama dengan saya, jangan khawatir. Anda bisa mengirimkan salinan dokumen tagihan atau keterangan dari bank/kartu kredit yang mencantumkan nama dan alamat Anda dengan jelas. Ingat, nama dan alamat ini harus sama dengan data di rekening PayPal Anda. Dalam kasus ini, saya mengirimkan salinan rekening koran dari bank lokal yang saya gunakan.

Untuk persyaratan kedua, Anda bisa menulis surat dengan melampirkan bukti-bukti transaksi yang diminta ke PayPal, dan mengunggahnya lewat opsi "hubungi kami" yang tersedia di setiap halaman PayPal. Pengalaman saya, saya perlu menghubungi klien dan meminta bantuan untuk menyediakan rincian pembayaran yang saya terima. Kemudian, rincian tersebut saya unggah ke PayPal beserta bukti percakapan via surel dengan si klien.

Tanpa menunggu waktu lama, rekening PayPal saya pun kembali normal. Berikut tampilan rekening PayPal yang telah dipulihkan dari pembatasan:


Semoga bermanfaat bagi yang mengalami masalah serupa.. :)

No comments:

Post a Comment